Water Heater Wika

Penjualan , Service, Informasi tentang Wika Water Heater

Water Heater Wika

Penjualan , Service, Informasi tentang Wika Water Heater

JENIS JENIS WATER HEATER


Water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi sebagai sumber pemanas. pada awalnya untuk mendapatkan air panas biasanya kita memasak air atau memanfaatkan air panas langsung dari alam.Pada tahun 1868 seorang pelukis asal London, Inggris, Benjamin Waddy Maughan menemukan water heater domestik instan pertama.Cara kerja alat ini sederhana air dingin ditempatkan di bagian atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas, di mana bagian bawahnya diletakkan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas. Lalu air panas mengalir ke bak mandi tanpa ada perantara. Maughan menamai penemuannya ini "Geyser" , bahkan hingga kini di Inggris water heater masih sering disebut geyser.

Suatu saat seorang ahli tekhnik asal norwegia, Edwin Rudd memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika, tepatnya ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu ia menemukan blue print atau cetak biru water heater instan pertama buatan Maughan. Penemuan ini menjadi inspirasi, lalu Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya ia berhasil membuat water heater otomotis pertama di sekitar tahun 1889, Mesin ini berupa wadah berbentuk tangki penyimpanan air yang suhu airnya bisa di atur secara mekanis dan didistribusikan melalui pipa penyaluran air.

Dewasa ini water heater sudah semakin berkembang, dan sudah banyak sekali sistem yang di pakai dan bahan baku yang semakin baik dari ke hari. Hal ini demi kepuasan konsumen yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka. Di bawah ini saya akan mengupas sedikit tipe - tipe water heater yang beredar di masyarakat saat ini.

1. Water Heater Listrik ( electric water heater )

Seperti namanya water heater ini menggunakan listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air. Electric Water Heater terdiri dari 2 ( dua ) tipe yaitu:

a. Instan Electrik Water Heater
b.Water Heater Listrik dengan Penampungan.

2. Solar Water Heater ( SWH )

Solar Water Heater adalah pemanas air yang memanfaatkan energi matahari yang gratis. Sering timbul salah pengertian dengan Pemanas air tipe ini. Banyak yang menganggap energi panas matahari di tangkap lalu di simpan di batere yang akan di gunakan untuk memanaskan air di dalam tangki. Padahal dari semua water heater yang beredar menurut saya justru tipe ini yang paling sederhana cara kerjanya.Air dingin yang mengalir justru langsung di panaskan matahari di kolektor lalu di simpan di tangki sampai akhirnya dipergunakan.

Solar Water Heater terbagi 2 yaitu sistem pasif dan aktif. sistem pasif cenderung untuk kapasitas kecil buat rumah tangga sedangkan yang aktif biasanya untuk kapasitas besar seperti hotel, rumah sakit dll.

3. Air Conditioning Water Heater ( ACWH )

Pemanas air jenis ini adalah dengan memanfaatkan panas freon dari AC yang biasanya di buang. Freon yang panas dialirkan ke Heat Exchanger yang akan memanaskan air di tangki penampungan.

4. Heat Pump Water Heater

Heat Pump Water Heater cara kerjanya tidak berbeda dengan ACWH, hanya saja di Heat Pump semua sudah menjadi satu kesatuan yang didesain untuk air panas, sedangkan ACWH memanfaatkan AC yang sudah ada, sehingga harus kita modifikasi untuk bisa di salurkan ke tangki penampungan.

5. Gas Water Heater

pemanas air ini menggunakan gas ( baik gas elpiji ataupun gas alam ) sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Caranya dengan pembakaran seperti kompor gas. Pipa yang dalamnya mengalir air dingin langsung di panasi, sehingga air yang keluar langsung panas tanpa perlu di tampung terlebih dahulu.

6. Solar Rubber Pool Heating

Pemanas air ini di desain untuk kolam renang dengan memanfaatkan panas matahari. cara kerjanya hampir sama dengan solar water heater, hanya untuk kolektor atau penangkap panas menggunakan panel karet ( polymer ) yang tahan terhadap chlor atau zat kimia kolam renang. sistem pemanasan ini tidak menggunakan tangki penampungan, justru kolam renang itu sendirilah sebagai tangki penampungan dan di sirkulasi langsung.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Water Heater yang banyak beredar di masyarakat ( Indonesia ). Untuk ulasan lebih lengkap tentang masing - masing tipe akan saya jelaskan di kesempatan lain. Terima Kasih sudah membaca artikel ini.