Water Heater Wika

Penjualan , Service, Informasi tentang Wika Water Heater

Water Heater Wika

Penjualan , Service, Informasi tentang Wika Water Heater

Pertanyaan Seputar Pemanas Air Wika ( FAQ )

Pertanyaan Seputar Water Heater Wika

A :
Apakah Wika SWH itu ?
Q:
Wika SWH adalah wika solar water heater yaitu alat pemanas air mengandalkan energy matahari atau tenaga surya merk wika buatan PT. Wika Intrade Energy anak perusahaan PT. Wijaya Karya Tbk.
 

A:
Bagaimana Cara Kerja Wika SWH sampai menghasilkan air panas ?
Q:
Wika SWH, terdiri dari storage tank, tabung penyimpan air panas, berfungsi seperti termos dan panel kolektor, tempat untuk memanaskan air, terdiri dari plate absorber, berfungsi seperti kompor serta pipa penghubung, berfungsi menghubungkan atau mengalirkan air panas dari panel kolektor ke storage tank. Panel kolektor menyerap panas air di dalam panel kolektor menjadi panas. Air panas yang dihasilkan di panel kolektor, secara alami ( thermosipon ) mengalir ke storage tank. Sebaliknya air dingin yang berada di storage tank mengalirkan ke panel kolektor, terjadilah sirkulasi. Secara kumulatif air dalam storage tank panas semuanya dan suhunya semakin panas kisaran 60˚ C. Air panas yang ada di storage tank, dengan didorong tekanan air dingin, akan keluar disalurkan ke kran kran kamar mandi. Karena terlalu panas, harus dicampur dengan air dingin / mixing kran.

A:
Bagaimana dengan harga wika swh ?
Q:
Harga wika swh, sangat terjangkau bagi kalangan menengah ke atas dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, Banyak masyarakat Indonesia ekonominya membaik. Di kehidupan yang modern, sarana mandi air panas merupakan fasilitas kebutuhan primer. Pilihan alat pemanas air tenaga surya wika swh dengan harga relatif lebih mahal dibanding pemanas lain, dengan biaya operasional relatif murah, karena mengandalkan energy gratis matahari, dalam jangka panjang harga menjadi sangat murah.

A:
Bagaimana caranya, Kalau berminat mau pasang pemanas air wika swh ?
Q:
Pertama Bapak, Ibu memperkirakan terlebih dahulu kebutuhan air panas setiap harinya, acuannya berapa banyak penghuni rumah dan fasilitas cara mandi ( shower,bathub, pantry ). kedua mengontak linggojati sebagai distributor terpercaya wika solar water heater. Ketiga minta penawaran harga wika water heater, baik melalui fax atau email, sekalian konsultasi semua masalah wika solar water heater. Acuannya teknisi linggojati diminta untuk melakukan survey secara langsung ke lokasi proyek yang akan dipasang pemanas air wika swh. Dari hasil survey akan diketahui, kondisi proyek, kami akan menentukan peletakan unit wika, berdasarkan edaran matahari sepanjang tahun, yaitu menghadap utara atau ke barat itupun mempertimbangkan space/ tempat yang memenuhi syarat luasnya. Alternatif lain, apabila ada dag beton kami tawarkan alternatif lain peletakan unit wika. Semua usulan peletakan unit wika harus memenuhi syarat, kena sinar matahari paling maksimal sepanjang tahun. Kemudian dari unit wika ditarik saluran pipa air panas ke titik2 kran yang di kehendaki seperti kamar mandi utama, kamar mandi anak dan kamar mandi tamu, serta pantry / dapur bersih. Kami mengajukan penawaran harga, system secara keseluruhan, pemilik rumah menentukan batasan2 scope pekerjaan, namun demikian pada umumnya owner lebih senang menunjuk kami untuk melaksanakan pekerjaan, mulai pengadaan dan pemasangan pompa, pengadaaan dan pemasangan pipa air panas dan pengadaan dan pemasangan unit wika.

A:
Apa kelebihan dan kekurangan wika solar water heater ?
Q:
Kelebihan buatan PT. Wijaya Karya, Tbk perusahaan pemerintah, ternama dan terkemuka menjamin kualitas dan purna jualnya. Karena jaringan distributor tersebar seluruh Indonesia. Terbukti paling banyak terpasang diseluruh Indonesia. Mendapat penghargaan TOP BRAND 2011. Kekurangan nyaris tidak ada, mungkin kepercayaan masyarakat akan produk dalam negri saja perlu digalakkan.

A:
Pemanas Air Wika SWH sudah terpasang dimana saja ?
Q:
Pemanas air wika solar water heater sudah banyak dipasang dirumah rumah tinggal dikota kota besar tersebar di seluruh Indonesia. Disamping itu juga terpasang untuk Villa, Hotel, Rumah Sakit dan lagi ngetrend di Jakarta dipasang untuk Rumah Kos Kosan.

A:
Apa yang dimaksud kalau pasang wika swh, hemat energy, biaya gratis ?
Q:
Indonesia itu kan teletak di daerah tropis, dilewati garis katulisma. Artinya begitu melimpahnya energy matahari. Sayang sekali kalau tidak memanfaatkan energy matahari yang ada. Di negara maju, walaupun letaknya di daerah subtropis, berusaha memanfaatkan energy matahari semaksimal mungkin. Hemat energy artinya, kalau memanfaatkan energy matahari, yang memang tidak di kenakan biaya, ya tentunya bisa menghemat dibanding kalau menggunakan listrik atau gas elpiji kan harus membayar.

A:
Bagaimana menentukan kapasitas wika swh, agar benar benar hemat energy?
Q:
Agar kita benar benar bisa berhemat, untuk menentukan kapasitas unit wika swh harus sesuai dengan kebutuhan air panas sehari hari, Idealnya disaat matahari cerah bersinar kisaran 8.00 sampai jam 16.00, kita memanfaatkan memanaskan air sebanyak banyaknya untuk memenuhi kebutuhan air panas. Kapasitas dan type memang menentukan investasi awal Kalau perhitungannya tepat, kapasitas dan type tepat mengcover kebutuhan secara rutin, maka periode tertentu menjadi saving bahkan ketemu titik BEP. Dan selanjutnya, menikmati keuntungan karena sudah tidak mengeluarkan biaya lagi.

A:
Apa perbedaan pemanas air wika tenaga surya dengan water heater electric atau gas water heater ?
Q:
Kalau pemanas air tenaga surya merk wika, mengandalkan energy pemanasnya 100% dari sinar matahari. Jadi air panas yang dihasilkan murah biayanya, kan matahari gratis tidak perlu membayar. Sedangkan kalau electric water heater, yaitu alat pemanas yang mengandalkan listrik. Artinya air panas yang dihasilkan itu harus membayar biaya listriknya. Kalau air panasnya sedikit membayarnya juga sedikit, tetapi kalau air panasnya banyak membayarnya juga harus banyak sedangkan gas water heater, energy pemanas tergantung gas elpiji kalau dari sisi biaya lebih murah dibanding dengan biaya listrik, tapi kalau dipandang dari ketergantungan pengadaan gas elpiji dan polusi yang ditimbulkan pertimbangan lain.

A:
Peletakan wika swh dimana yang paling ideal diatas genteng atau di atas dag ?
Q:
Untuk hasil maksimal, ditempat yang paling banyak menerima panas sepanjang tahun dan distribusi pipa air panas merata dan pendek, tentunya diatas atap. Apabila kriteria di dag beton relatif seperti banyak kena panas sepanjang tahun dan distribusi pipa panas merata dan pendek, kami merekomendasikan ditempat dag beton namun nambah biaya dudukan atau rig. Pertimbangannya, mudah dijangkau dan mudah penanganan service nya.

A:
Bagaimana bila musim penghujan. Apa alat ini tidak berfungsi ?
Q:
Dimusim penghujan, bukan berarti tidak ada matahari. Kecuali disaat hujan pasti tidak ada matahari. Sering terjadi pagi hujan, Siang nya matahari nongol, sekilas 4jam saja sudah cukup menghasilkan air panas. Atau pagi sampai siang sinar matahari cerah. Sorenya hujan lebat, malam mandi air panas tersedia dan paginya masih bisa mandi air panas yang tersimpan ditabung yang berfungsi sebagai termos. Ada kecualiannya, apabila mulai pagi sampai sore tidak ada sinar matahari sama sekali, jadi tidak ada proses pemanasan sama sekali. Alat ini masih diback up oleh listrik sebagai pemanas cadangan. Atau suatu saat ada banyak tamu, semua mandi air panas. Padahal kapasitas yang tersedia hanya untuk maksimal 10 orang. Padahal yang mandi 15 orang. Berarti untuk kebutuhan air panas bagi 5 orang, menggunakan energy listrik dalam kondisi darurat. Kalau dihitung selama 1 ( satu ) tahun back up listrik kisaran 15 – 20%. Berarti hemat energy listrik sampai 80%.